02 December 2013

Video Social Responsibility Green IT

Tontonlah 2(Dua) video berikut:
http://www.youtube.com/watch?v=VywI6KwMWKw
http://www.youtube.com/watch?v=_ZPiJcgo-j8

Secara singkat, apakah isi dari kedua video tersebut? Berikanlah solusi atas permasalahan yang ada pada video tersebut (akan lebih baik jika solusi yang diberikan merupakan langkah konkrit yang dapat dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah)!

Secara singkat, isi dari kedua video tersebut adalah masalah yang ditimbulkan akibat pembuangan limbah elektronik yang bertambah setiap tahunnya, yang disebabkan oleh teknologi yang berkembang dengan pesat, sehingga banyak orang yang membeli barang elektronik terbaru dan membuang barang elektronik yang lama tanpa didaur ulang terlebih dahulu. Proses pembongkaran dan pembuangan limbah elektronik menyebabkan sejumlah dampak lingkungan seperti pencemaran tanah, air, dan udara yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti gangguan pernafasan, penyakit kulit, kanker, dan kematian.

Solusi atas permasalahan yang ada pada video tersebut adalah dengan mendaur ulang barang elektronik yang sudah tidak terpakai lagi. Mendaur ulang barang elektronik bekas dapat mengurangi emisi karbon. Barang elektronik umumnya dibuat dengan material timbal, kadmium, bromin, plastik yang masih memiliki nilai ekonomis. Cara yang paling sederhana dalam mengurangi limbah elektronik adalah dengan mendonasikannya atau menjualnya kepada orang yang membutuhkan. Cara lain yang juga mudah dilakukan adalah dengan mereparasinya atau memperbaikinya, sehingga dapat mengurangi limbah elektronik dan menghemat uang tanpa perlu membeli barang elektronik yang baru.

Contohnya dapat berupa mainan, hiasan, pajangan, atau karya seni.

Sumber :
http://www.ciputraentrepreneurship.com/umum/daur-ulang-sampah-elektronik-rumahan
http://protocol-inside.blogspot.com/2011/09/mainan-unik-dari-barang-bekas.html
http://kopikeliling.com/news/seni-dari-sampah-elektronik.html

0 comments:

Post a Comment